Efektivitas Model Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA pada Materi Keanekaragaman Hayati
The Effectiveness of the Project-Based Learning Model on the Creative Thinking Skills of High School Students in the Material of Biodiversity
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model project- terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMA pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian pre-experimental dengan menggunakan one group pretest. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA di SMAN 22 Gowa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu dengan pertimbangan tertentu sehingga dipilih satu kelas X MIPA 3 yang berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui instrumen tes berdasarkan indikator berpikir kreatif dalam bentuk Esai sejumlah 10 nomor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model project-based learning efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMA Kelas X pada materi keanekaragaman hayati. Hal ini ditunjukan dengan uji n-gain dengan perolehan persentase nilai rata-rata n-gain yaitu 78.53 %.