Implementasi Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Keanekaragaman Hayati

Implementation of Wordwall Media to Improve High School Students' Learning Outcomes on Biodiversity Material

  • Windy Tri Andini Universitas Sriwijaya
  • Lily Novita SMA Negeri 11 Palembang
  • Riyanto Riyanto Universitas Sriwijaya
Keywords: Hasil belajar, keanekaragaman hayati, media wordwall, penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan media wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. Metode yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan di kelas X.9 SMA Negeri 11 Palembang Tahun Pelajaran 2023/2024. Instrumen penelitian menggunakan lembar soal untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan media wordwall materi keanekaragaman hayati. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pra-siklus memperoleh ketuntasan sebesar 17% dengan kategori sangat kurang. Pada siklus 1 mengalami peningkatan dengan kategori keberhasilan sedang yaitu sebesar 51%. Siklus 2 telah mencapai ketuntasan belajar sebesar 86% yang dikategorikan sangat tinggi. Dengan demikian, terjadi peningkatan dari kegiatan pra-siklus, siklus 1, hingga siklus 2. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA.

Author Biographies

Windy Tri Andini, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP, Universitas Sriwijaya
Jl. Ogan, Palembang, 30139, Indonesia

Lily Novita, SMA Negeri 11 Palembang

SMA Negeri 11 Palembang
Jl. Inspektur Marzuki, Palembang, 30138, Indonesia

Riyanto Riyanto, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Sriwijaya
Jl. Ogan, Palembang, 30139, Indonesia

Published
2023-11-10