Implementasi Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Keanekaragaman Hayati
Implementation of Wordwall Media to Improve High School Students' Learning Outcomes on Biodiversity Material
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan media wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. Metode yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan di kelas X.9 SMA Negeri 11 Palembang Tahun Pelajaran 2023/2024. Instrumen penelitian menggunakan lembar soal untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan media wordwall materi keanekaragaman hayati. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pra-siklus memperoleh ketuntasan sebesar 17% dengan kategori sangat kurang. Pada siklus 1 mengalami peningkatan dengan kategori keberhasilan sedang yaitu sebesar 51%. Siklus 2 telah mencapai ketuntasan belajar sebesar 86% yang dikategorikan sangat tinggi. Dengan demikian, terjadi peningkatan dari kegiatan pra-siklus, siklus 1, hingga siklus 2. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA.