WEB Mengukur Tingkat Keefektifan dan Kepuasan Pengguna Sistem E-learning di Masa Pademi Covid-19

USER EFFECTIVENESS AND SATISFACTION

  • Fitriani .H Universitas Sulawesi Barat
  • Tina Universitas Sulawesi Barat
  • Mahmud .S Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Keywords: Covid-19, E-Learning, Analysis, EUCS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dan mengetahui informasi tentang keefektifan dan kepuasan pengguna sistem E-Learning Universitas Sulawesi Barat di masa pandemi Covid-19. E-Learning UNSULBAR masih memiliki kekurangan, seperti adanya keluhan dari beberapa mahasiswa dan dosen diantaranya masalah akses materi dan aplikasinya di android yang susah,  fitur diskusi yang masih membingungkan, dan tidak semua dosen dan mahasiswa menggunakannya.  Pengukuran  kepuasan  dilakukan  menggunakan  metode  End User Computing Satisfaction. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil  pengukuran  disimpulkan  bahwa  secara  umum  pengguna  sudah  puas terhadap E-Learning UNSULBAR dengan melihat nilai tertinggi dari setiap dimensi,  yaitu  kategori Puas  ada  pada  dimensi  Content  sebanyak  171  orang, Accuracy sebanyak 221 orang, Format sebanyak 177 orang, Ease of Use sebanyak 165 orang, dan Timelines sebanyak 161 orang. Dan untuk mengurutkan kategori tingkat kepuasan, diperoleh kategori Sangat Puas ada pada Content sebanyak 80 orang, kategori Puas ada pada Accuracy sebanyak 221 orang, kategori Kurang Puas ada pada Timelines sebanyak 131 orang, kategori Tidak Puas dan Sangat Tidak Puas ada pada Ease of Use sebanyak 32 orang dan 10 orang. Variabel yang dinilai  cukup   baik   oleh  pengguna   yaitu   Accuracy,   Format,   dan  Content, sedangkan Timeliness dan Ease of Use masih perlu dikembangkan.

Published
2022-10-01
How to Cite
Fitriani .H, Tina, & Mahmud .S. (2022). WEB Mengukur Tingkat Keefektifan dan Kepuasan Pengguna Sistem E-learning di Masa Pademi Covid-19. Jurnal Informatika Dan Teknologi Komputer ( J-ICOM), 3(2), 67-72. https://doi.org/10.33059/j-icom.v3i2.5419