PERBEDAAN LATIHAN PUKULAN SASARAN TETAP DAN SASARAN BERPINDAH TERHADAP KEMAMPUAN FOREHAND VOLLEY PADA PETENIS PUTRA KLUB PELTI KOTA LANGSA TAHUN 2021

  • Myrza Akbari Universitas Samudra
  • Muhammad Zidan Arna Universitas Samudra

Abstrak

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah ditemukannya beberapa kesalahan-kesalahan pada petenis putra saat melakukan pukulan forehand volley. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara latihan forehand volley sasaran tetap dengan sasaran berpindah terhadap kemampuan forehand volley pada pemain tenis putra Klub PELTI Kota Langsa tahun 2021. Mengetahui metode latihan manakah yang lebih baik antara latihan forehand volley sasaran tetap dengan sasaran berpindah terhadap kemampuan forehand volley pada pemain tenis putra Klub PELTI Kota Langsa tahun 2021. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu Pretest-Posttest Design. Sampel pada peneltian ini adalah pemain tenis putra Klub PELTI Kota Langsa tahun 2021 yang berjumlah 14 orang, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pembagian kelompok pada penelitian ini menggunakan OP (Ordinal Pairing). Analisis data digunakan uji-t antar kelompok (independent t-test), yang terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan: Ada perbedaan pengaruh antara latihan forehand volley sasaran tetap dan sasaran berpindah terhadap kemampuan forehand volley tenis lapangan pada pemain tenis putra Klub PELTI Kota Langsa. Latihan forehand volley sasaran berpindah lebih baik pengaruhnya terhadap kemampuan forehand volley pada pemain tenis putra Klub PELTI Kota Langsa tahun 2021. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu: Untuk meningkatkan kemampuan forehand volley tenis lapangan harus diterapkan metode latihan yang tepat, sehingga akan diperoleh hasil latihan yang optimal. Untuk meningkatkan kemampuan forehand volley tenis lapangan seorang pelatih dapat menerapkan latihan sasaran tetap dan sasaran berpindah.

Diterbitkan
2022-08-19