Pengaruh Fasilitas, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Sewa Lapangan Futsal oleh Mahasiswa (Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Tingkat IV)

  • Syardiansah Syardiansah Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra, Langsa Aceh
Keywords: Fasilitas; Harga; Lokasi; Promosi; Keputusan Sewa.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh fasilitas, harga, lokasi dan promosi terhadap keputusan sewa lapangan futsal oleh mahasiswa khususnya mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Jumlah mahasiswa pada penelitian ini sejumlah 120 orang yang berasal dari Program Studi Manajemen dan Ekonomi Pembangunan tingkat IV. Dengan menggunakan rumus Slovin, maka jumlah mahasiswa sebagai sampel sejumlah 55 orang. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada mahasiswa sebanyak 55 buah kuesioner yang semuanya dikelmbalikan tanpa cacat. Pada penelitian ini hanya mengukur variabel independent berupa fasilitas (X1), harga (X2), lokasi (X3) dan promosi (X4) dan variable dependent keputusa sewa (Y). Untuk mengetahui adanya pengaruh variable indepent terhadap variable dependent tersebut dilakukan beberapa analisis yaitu uji reliabilitas dan uji korelasi dengan menggunakan software SPSS sebagai alat bantu pengolahan data.Berdasarkan hasil pengujian terhadap 25 pernyataan kuesioner didapat bahwa item-item pernyataan dalam kuesioner memiliki keandalan yang baik karena nilai alpha cronbach adalah 0,883. Dan dari hasil analisis data diperoleh bahwa fasilitas, harga, lokasi dan promosi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan sewa lapangan futsal oleh mahasiswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,763 atau 76,3% yang berarti memiliki pengaruh yang cukup tinggi. Dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,582 atau 58,2% yang berarti sebesar 58,2% pengaruh ini dapat dijelaskan dalam penelitian ini, sedangkan sisanya sebesar 41,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini.

Published
2017-12-11
How to Cite
Syardiansah, S. (2017). Pengaruh Fasilitas, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Sewa Lapangan Futsal oleh Mahasiswa (Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Tingkat IV). Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 678-688. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jseb/article/view/426
Section
Articles