Petunjuk Penulisan

Petunjuk Penulisan

Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA) ,  adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Samudra. Jurnal ini meliputi berbagai kajian terkait pengabdian masyarakat dari berbagai bidang ilmu dengan menggunakan dua bahasa (Inggris dan Bahasa Indonesia). Fokus dan ruang lingkup pengabdian masyarakat pada jurnal ini diantaranya Collaborative Governance, Pembangunan Partisipatif, Pembangunan Berkelanjutan, Pembangunan Inklusif, Ekonomi Kreatif, Knowledge Transfer for Community Development, Aktualisasi Kearifan dan Budaya Lokal, Sustainable Livelihood, Transfer Teknologi, Globalisasi dan Transformasi Sosial, Pengembangan Kompetensi dan Kewirausahaan, Pengembangan Ekonomi Kerakyatan, Rekayasa Sosial, Manajemen Konflik, dan Literasi Informasi Digital.

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah  hasil dari kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM), atau kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan pengabdian pada masyarakat. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tersedia sejak 1 April 2018 atau sejak rilis Volume 1, Nomor 1, Tahun 2018. 

Dewan editorial Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat mengundang Anda untuk mengirimkan naskah Anda untuk diterbitkan dalam jurnal ini. Prosedur Pengajuan Online Dengan mengirimkan ke Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, penulis membuktikan bahwa: Pengajuan adalah karya asli, bebas dari segala bentuk plagiarisme (teks, data, dan angka). Pengajuan belum dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sedang dipertimbangkan oleh jurnal lain. Pengajuan telah disetujui oleh semua penulis bersama dan otoritas terkait (mis. Institusi atau sponsor).

Naskah telah (dengan kemampuan penulis terbaik) ditulis dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia yang baik dan bebas dari kesalahan tata bahasa. Namun, sangat disarankan untuk mengirimkan naskah dalam bahasa Inggris. Telah diperiksa dengan alat proofreading (mis. Grammarly) dan, jika mungkin, proofreaded oleh editor bahasa. Pengajuan ke Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, harus melalui sistem pengiriman online. Tidak ada persyaratan format yang ketat untuk pengiriman awal, selama struktur artikel sesuai dengan pedoman kami (lihat bagian struktur manuskrip di bawah). Naskah yang maju ke tahap revisi akan diminta untuk diformat dengan tepat (lihat bagian pemformatan). Ini memungkinkan penulis untuk fokus pada konten ilmiah dari naskah mereka, bersamaan dengan mempercepat waktu pemrosesan artikel. Registrasi penulis. Penulis tanpa akun Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diharuskan membuat akun sebelum memulai pengirimannya. Pastikan bahwa peran "Penulis" dipilih di menu tarik-turun Peran, jika tidak, Anda tidak akan dapat melanjutkan pengiriman. Data penulis. Penulis yang menyerahkan wajib mengisi data penulis selama pengiriman. Harap pastikan bahwa alamat afiliasi lengkap dan ditulis persis seperti yang muncul pada naskah. Metadata manuskrip. Harap lengkapi setidaknya informasi berikut yang berkaitan dengan naskah:

 

  1. Judul: Isi kolom judul naskah dalam kasus kalimat.
  2. Abstrak: Tempel abstrak ke bidang abstrak; pastikan bahwa pemformatan konsisten dengan manuskrip (mis. superskrip dan miring).
  3. Kata kunci: Berikan maksimum enam kata / frasa, dipisahkan dengan titik koma.
  4. Referensi: Referensi harus ditulis sesuai dengan APA (gaya referensi yang dipilih Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), tetapi dengan nama jurnal yang ditulis lengkap (tidak disingkat). Pisahkan setiap referensi individu dengan garis kosong.
  5. Sampul surat. Selain manuskrip dan file tambahannya, sertakan surat pengantar singkat yang menyatakan pentingnya penelitian dan kebaruan hasil, serta bagaimana itu akan menarik bagi pembaca Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Penulis dapat secara opsional menyarankan dua pengulas potensial dari institusi yang berbeda untuk naskah mereka, yang dengannya tidak ada konflik kepentingan.
  6. Halaman judul. Berisi judul naskah, diikuti oleh nama penulis, afiliasi, dan email korespondensi.
  7. Lampiran. File tambahan apa pun seperti kuesioner dan data pendukung lainnya tidak lebih dari 3 halaman.

 

Struktur Naskah

 

Judul. Gunakan judul yang ringkas dan informatif dalam kasus kalimat, dengan maksimum 15 kata.

 

Afiliasi. Berikan alamat pos lengkap dari afiliasi masing-masing penulis, termasuk nama jalan dan nomor, kota, kode ZIP, dan negara.

 

Abstrak. Harus terdiri dari satu paragraf tidak lebih dari 250 kata. pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Hindari menggunakan singkatan dan kutipan.

 

Kata kunci. Sertakan maksimum enam kata kunci atau frasa, disusun menurut abjad dan dipisahkan menggunakan tanda titik koma (;). Gunakan istilah spesifik dan relevan yang tidak muncul dalam judul, sehingga artikel lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Jangan gunakan istilah yang terlalu umum atau terlalu panjang.

 

Pendahuluan. bagian pendahuluan berisi:

  1. Fakta-fakta yang melatarbelakangi pelaksanaan kegiatan PPM.
  2. Menguraikan tentang masalah, persoalan, tantangan, serta kebutuhan masyarakat yang faktual dan aktual dikaitkan dengan target kegiatan.
  3. Studi pustaka.
  4. Upaya-upaya yang pernah dilakukan oleh tim PPM ataupun pihak lain
  5. Tujuan kegiatan PPM.
  6. Pendahuluan harus diuraikan secara narasi bukan berbentuk pointer, dan ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 11, tanpa footnote.

Metode berisi tentang uraian teknik pelaksanaan kegiatan atau cara menyelesaikan tantangan PPM, serta persoalan atau kebutuhan pokok yang menjadi target kegiatan PPM. Metode ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 11, ditulis tanpa menggunakan footnote. Teknik pengumpulan data, Teknik analisis data, Lokasi, waktu, dan durasi kegiatan, Metode yang digunakan dalam PPM adalah sebagai berikut :

  1. Pendidikan Masyarakat: digunakan untuk kegiatan-kegiatan, contoh :
    • Pelatihan, seperti in-house training.
    • Penyuluhan yang bertujuan meningkatkan pemahaman serta kesadaran, dan lain sebagainya
  2. Konsultasi: digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang di dalamnya persoalan atau kebutuhan dalam masyarakat diselesaikan melalui sinergisme dengan Perguruan Tinggi.
  3. Difusi Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi): digunakan untuk kegiatan yang menghasilkan produk bagi konsumen.
  4. Pelatihan:
    • Pelatihan tentang substansi kegiatan yang disertai dengan demonstrasi atau percontohan untuk realisasinya.
    • Pelatihan dalam pengoperasian sistem atau peralatan.
    • Pembentukan kelompok wirausaha baru.
    • Penyediaan jasa layanan bersertifikat kepada masyarakat.
    • Penyuluhan yang bertujuan meningkatkan pemahaman serta kesadaran, dan lain sebagainya
  5. Mediasi: digunakan untuk kegiatan PPM yang memposisikan diri sebagai mediator para pihak yang terkait dan bersama-sama menyelesaikan masalah yang ada dalam masyarakat.
  6. Simulasi Iptek: digunakan untuk kegiatan PPM dimana karya utamanya adalah sistem informasi ditujukan untuk menjelaskan sesuatu yang tidak dapat dilakukan secara nyata.
  7. Substitusi Iptek: Digunakan untuk kegiatan yang menawarkan ipteks baru yang lebih modern serta efisien daripada Iptek lama (Iptek berupa TTG/Teknologi Tepa Guna).
  8. Advokasi: digunakan untuk kegiatan PPM yang berupa pendampingan kepada masyarakat.
  9. Metode lain.

Hasil dan PembahasanBahasan utama berisi hasil dan pembahasan, Hasil bukan merupakan data mentah, melainkan data yang sudah diolah/dianalisis dengan metode yang telah ditetapkan. Pembahasan adalah perbandingan hasil yang diperoleh dengan konsep/teori yang ada dalam tinjauan pustaka. Isi hasil dan pembahasan mencakup pernyataan, tabel, gambar, diagram, grafik, sketsa, dan sebagainya. (tanpa Footnote)

Bagian ini berisi sub-bahasan utama ditulis dengan fonta Times New Roman 11. Sub-bahasan ditulis secara sistematis. Diharapkan penomoran dalam sub-bahasan jangan ditulis terlalu banyak.

Simpulan. berisi ikhtisar dari penelitian yang telah dilakukan. Simpulan bukan merupakan ringkasan dari hasil pembahasan yang mengacu pada teori tertentu, tetapi hasil dari analisis/uji korelasi data yang dibahas.