Current Issue

Vol 2 No 2 (2024): Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA)
Published: 2024-06-30

Articles

View All Issues

MARDIKA

Sekilas Pandang Jurnal MARDIKA 

Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA) merupakan jurnal ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Samudra. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarkan informasi dan pengetahuan tentang isu-sisu dan tantangan yang dihadapi masyarakat, serta untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan PkM. Jurnal MARDIKA menyajikan konten yang berkaitan dengan pendekatan-pendekatan kepada masyarakat, seperti kajian tentang permasalahan yang dihadapi masyarakat, proses pemecahan masalah bersama masyarakat, dan model-model teknologi yang diterapkan ditengah-tengah masyarakat. Jurnal ini juga menyajikan informasi tentang ragam bidang program PKM yang diadakan oleh Perguruan Tinggi.

Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA) diterbitkan secara berkala, dan para pembaca dapat mengakses jurnal ini secara gratis melalui website ejurnalunsam.id yang dikelola Fakultas Teknik Universitas Samudra. Dengan mengakses jurnal ini, para pembaca dapat memperoleh informasi dan pengetahuan tentang pengabdian kepada masyarakat, serta dapat meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat.

Sebagai philosopi yang mendasari, jurnal ini diambil dari asal kata "Mardika" adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “manusia merdeka”. Kata ini menggambarkan kemanusiaan yang terkandung dalam semua orang yang berbeda-beda. Mardika menggambarkan bahwa semua orang di dunia ini memiliki hak yang sama untuk menikmati kehidupan yang layak. Konsep mardika sangat penting dalam pengabdian kepada masyarakat. Dengan memahami konsep ini, kita dapat mengembangkan proyek-proyek yang dirancang untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Kita juga dapat menggunakan konsep ini untuk mempromosikan keadilan sosial dan mengajak masyarakat untuk bersatu dalam tujuan bersama. 

Kami di jurnal pengabdian kepada masyarakat menyadari pentingnya konsep mardika dan mengajak semua orang untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek yang dirancang untuk membantu masyarakat. Kami berharap bahwa dengan memahami konsep mardika, kita dapat menciptakan dunia yang lebih adil dan lebih manusiawi.

 

Tim Editorial