PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DIKELAS X SMA NEGERI 2 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Marina syahrin Universitas Samudra
  • sofiyan sofiyan UNSAM
  • Tri Mustika Sarjani Universitas Samudra
Keywords: Model Student team Achievement Divison, Keanekaragaman hayati, meningkatkan hasil belajar

Abstract

Model pembelajaran Student Team Achievement Division salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat pemahaman siswa, dan prestasi belajar siswa karena guru dituntut untuk menempatkan siswa sebagai subjek belajar yang aktif dalam kelompoknya, sehingga siswa menjadi termotivasi dalam mengikuti pembelajaran dikelas. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dengan penerapan model pembelajaran  Student Team Achievement Division; untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model  Student Team Achievement Division untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 2 Langsa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Langsa, yang menjadi populasi dalam penelitian ini seluruhan siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 82 siswa. Sampel diambil secara random sehingga terpilih kelas X.MIPA.1 sebagai kelas yang menerapkan model Student Team Achievement Division dengan jumlah 27 siswa. Metode dalam penelitian ini berupa metode eksperimen, dengan menggunakan instrumen berupa tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dengan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Negeri 2 Langsa berdistribusi normal. Besar peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dengan penerapan model Student Team Achievement Division pada materi keanekaragaman hayati dikelas X SMA Negeri 2 Langsa sebesar thitung 2,23. Saran diharapkan kepada guru bidang studi untuk menggunakan model pembelajaran  Student Team Achievement Division pada materi keanekaragaman hayati dikelas X dan materi-materi pelajaran biologi lainnya yang dianggap sesuai, karena dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division.

Published
2018-07-30
Section
Articles