Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas V SD Negeri 5 Sikaladi Kabupaten Sijunjung

  • Fitria Gunsi Universitas Negeri Padang
  • Mansurdin
Keywords: Tematik terpadu, Model Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu peserta didik menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD Negeri 5 Sikaladi Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kulaitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Data dari penelitian diperoleh dari penelitian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Proses Pelaksanaan, dan Hasil Belajar. subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SD Negeri 5 Sikaladi yang berjumlah 14 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : a) RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 96,5% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 97,7% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 82,1% dengan kualifikasi B (Baik), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 92,8% dengan kualifikasi sangat baik (SB), c) aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata rata-rata 82,1% dengan kualifikasi B (Baik), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 92,8% dengan kualifikasi sangat baik (SB), dan d) hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 71,1 dengan predikat cukup (C), meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 87,2 dengan predikat baik (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 5 Sikaladi Kabupaten Sijunjung.

Published
2022-12-31