Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas V SD Negeri 5 Sikaladi Kabupaten Sijunjung

  • Fitria Gunsi Universitas Negeri Padang
  • Mansurdin

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu peserta didik menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD Negeri 5 Sikaladi Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kulaitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Data dari penelitian diperoleh dari penelitian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Proses Pelaksanaan, dan Hasil Belajar. subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SD Negeri 5 Sikaladi yang berjumlah 14 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : a) RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 96,5% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 97,7% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 82,1% dengan kualifikasi B (Baik), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 92,8% dengan kualifikasi sangat baik (SB), c) aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata rata-rata 82,1% dengan kualifikasi B (Baik), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 92,8% dengan kualifikasi sangat baik (SB), dan d) hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 71,1 dengan predikat cukup (C), meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 87,2 dengan predikat baik (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 5 Sikaladi Kabupaten Sijunjung.

Diterbitkan
2022-12-31