Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. 1 SMP N 39 Padang

  • Ramadoni Ramadoni Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Nabila Nabila Universitas PGRI Sumatera Barat
Keywords: Keywords: Concepts Understanding, Discovery Learning Model., KataKunci: Pemahaman Konsep, Model Discovery Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika yang menggunakan model discovery learning dan model pengajaran langsung pada siswa kelas VII SMP Negeri 39 Padang tahun pelajaran 2022/2023. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment (kuasi eksperimen). Teknik penentuan lokasi yang digunakan oleh peneliti yaitu Purposive SamplingArea. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VII SMP Negeri 39 Padang yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 80 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII. 1 sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII. 2 sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalampenelitian ini dilakukan dengan menggunakan test dan selanjutnya dianalisis dengan uji t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 3,198 > 1,6741, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan tingkat pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika antara yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pengajaran langsung.

Published
2023-04-14