Pengaruh Penggunaan Metode SQ4R Terhadap Keterampilan Menelaah Struktur Dan Kebahasaan Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 23 Padang

  • Sucipertiwi1997 Suci1997 universitas PGRI
  • Ria Satini
  • Lira Hayu Afdetis Mana

Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Pertama, sebagian siswa belum mampu dan terampil dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks berita dengan baik. Kedua, sebagian siswa sulit dalam menentukan bagian struktur teks berita. Ketiga, sebagian besar siswa hanya menyukai bahan bacaan berupa karya sastra sedangkan untuk materi pembelajaran siswa kurang menyukainyaPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menelaah struktur dan kebahasaan teks berita tanpa dan dengan menggunakan metode SQ4R dan penggaruh penggunaan metode SQ4R terhadap keterampilan menelaah struktur dan kebahasaan teks berita siswa kelas VIII SMPN 23 Padang. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 23 Padang. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII 3 sebagai kelas uji coba, siswa kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen. Teknik penarikan sampel adalah simple random sampling dengan menentukan kelas normalitas dan homogenitas berdasarkan nilai siswa. Berdasarkan hasilpenelitian dapat disimpulkan bahwa. Pertama tanpamenggunakan metode SQ4R terhadap keterampilan menelaah struktur dan kebahasaan teks berita siswa yaitu 72,41 berkualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Kedua dengan menggunakan metode SQ4R terhadap keterampilan menelaah struktur dan kebahasaan teks berita siswa yaitu 87,07 berkualifikasi Baik Sekali (BS). Ketiga terdapat pengaruh penggunaan metode SQ4R terhadap keterampilan menelaah struktur dan kebahasaan teks berita berdasarkan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) n1+n2-2. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 8,40> 1,67

Diterbitkan
2022-03-23