Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Di Kelas IV SDN 02 Batuhampar Kabupaten Lima Puluh Kota

  • Elva Riani Universitas Negeri Padang
  • Nur Azmi Alwi

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SDN 02 Batuhampar masih berpusat kepada guru (teacher center) sehingga tidak memberikan ruang kepada peserta didik untuk membangun pengetahuannya sendiri, sehingga menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran serta kemampuan berfikir kritis dalam memecahkan masalah masih kurang terlihat karna hanya mendengarkan guru menjelaskan, kurangnya keberaniaan peserta didik dalam menyampaikan pendapat dan ide-idenya ketika pembelajaran, tidak adanya keinginan untuk belajar bersama bertukar ide antar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share di kelas IV SDN 02 Batuhampar Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil penelitian siklus I RPP rata-rata 83,33% dengan kualifikasi (B) dan siklus II 93,75% dengan kualifikasi (SB). Pelaksanaan proses pembelajaran aspek guru siklus I 81,25% dengan kualifikasi (B) dan siklus II 91,66% dengan kualifikasi (SB). Pelaksanaan aspek peserta didik siklus I 81,25% dengan kualifikasi (B) siklus II 91,66% dengan kualifikasi (SB). Hasil Belajar siklus I diperoleh rata-rata 78,61 dengan kualifikasi (B) dan siklus II 88,94% dengan kualifikasi (A). 

Diterbitkan
2022-06-30