Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI melalui Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) pada Materi Sistem Ekskresi

Improving Learning Outcomes of Class XI Students through the TaRL (Teaching at The Right Level) Approach on Excretion System Material

  • Maulida Nur Avianti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Anggita Rizki Setiani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Indah Lestari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lita Septiawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lista Lista Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Asep Saefullah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi, sistem ekskresi, teaching at the right level (TaRL)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 39 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes diagnostik kognitif pada pembelajaran Biologi materi sistem ekskresi. Tes dilakukan 2 kali, berupa pretest dan posttest untuk melihat hasil belajar peserta didik setelah dibelajarkan materi sistem ekskresi melalui pembelajaran berdiferensiasi menggunakan pendekatan TaRL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan TaRL mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil pretest menunjukkan persentase ketuntasan sebesar 15.38%. Namun, pada hasil posttest menunjukkan peningkatan persentase ketuntasan menjadi 74.36%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan pendekatan TaRL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Author Biographies

Maulida Nur Avianti, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Studi Pendidikan Biologi, Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Serang, Banten, 42117, Indonesia

Anggita Rizki Setiani, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Studi Pendidikan Biologi, Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Serang, Banten, 42117, Indonesia

Indah Lestari, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Studi Pendidikan Biologi, Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Serang, Banten, 42117, Indonesia

Lita Septiawati, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Studi Pendidikan Biologi, Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Serang, Banten, 42117, Indonesia

Lista Lista, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Studi Pendidikan Biologi, Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Serang, Banten, 42117, Indonesia

Asep Saefullah, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Studi Pendidikan Biologi, Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Serang, Banten, 42117, Indonesia

Published
2023-09-27