Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Operasi Hitung Matematika Pada TK atau Paud Permata Bunda Langsa

  • Ahmad Ihsan Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Samudra, Meurandeh - Langsa 24416, Aceh
  • Munawir Munawir Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Samudra, Meurandeh - Langsa 24416, Aceh
  • Fazri Amir Program Studi Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Samudra, Meurandeh - Langsa 24416, Aceh
Keywords: Augmented reality, Media Pembelajaran, Marker

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi, keterbatasan yang dimiliki oleh media pembelajaran berbasis cetak dapat diminimalisir, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi augmented reality (AR). Teknologi ini menggabungkan dunia virtual dan dunia nyata secara real time di bantu dengan perangkat teknologi seperti komputer, tablet, maupun smartphone. Media pembelajaran berbasis AR tidak hanya dapat menampilkan objek secara dua dimensi, tetapi juga secara tiga dimensi. Pemanfaatan teknologi augmented reality sudah mulai banyak dikembangkan untuk dunia pendidikan sebagai alat bantu pembelajaran. Dengan menggunakan augmented reality, seorang siswa dapat belajar secara visual dan interaktif. Pembelajaran akan lebih efektif dengan adanya bentuk bahan ajar simulasi secara virtual. Dalam penelitian ini, dikembangkan teknologi augmented reality untuk perkenalan angka, perkenalan simbol dan operasi matematika yang sederhana yang disajikan secara virtual. Penelitian ini dimaksudkan menjadi alat bantu pembelajaran yang berguna untuk mengefektifkan proses pembelajaran mata pelajaran matematika untuk anak – anak usia dini. Dari hasil penelitian, Kemampuan siswa dalam mengenal angka 0-9 dari 32 siswa yang diuji mencapai 62,5 %. Kemampuan siswa dalam mengenal simbol matematika mencapai 68,75%, Kemampuan siswa dalam operasi hitung matematika: penjumlahan 56,25%, pengurangan 65,625%.

Published
2017-07-30
How to Cite
[1]
A. Ihsan, M. Munawir, and F. Amir, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Operasi Hitung Matematika Pada TK atau Paud Permata Bunda Langsa ”, Teknik, vol. 4, no. 01, pp. 11 - 15, Jul. 2017.
Section
Articles