Penerapan Model Pembelajaran Concept Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Geometri Di SMP Negeri 7 Langsa Tahun Pelajaran 2014/2015

  • Saiman Saiman Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Samudra. Langsa, Aceh
Keywords: Concept Mapping, Hasil Belajar, Pemetaan Konsep, Materi Geometri

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian dengan judul penerapan model pembelajaran Concept Mapping untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan pemetaan konsep siswa pada materi geometri yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Concept Mapping, peningkatan hasil belajar dan kemampuan pemetaan konsep siswa pada materi geometri. Penelitian dilaksanakan pada Februari sampai dengan Maret 2015. Metode yang digunakan adalah eksprimen dan deskriptif dengan jumlah sampel 58 orang siswa yang terdiri dari 29 siswa kelas VII-1 dan 29 siswa kelas VII-2. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dan kemampuan pemetaan konsep siswa pada materi geometri adalah uji t, sedangkan untuk mengetahui hubungan antara pemetaan konsep siswa dengan hasil belajar digunakan uji r. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar dengan pemetaan konsep siswa pada kelas eksprimen dan kelas kontrol serta terdapat hubungan antara pemetaan konsep siswa dengan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penerapan model pembelajaran Concept Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi geometri.

Published
2015-12-31
How to Cite
[1]
S. Saiman, “Penerapan Model Pembelajaran Concept Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Geometri Di SMP Negeri 7 Langsa Tahun Pelajaran 2014/2015”, Teknik, vol. 2, no. 02, pp. 69 - 71, Dec. 2015.
Section
Articles