Analisis Hasil Pelaksanaan dan Kendala Pembelajaran Kimia Secara Daring di SMA Negeri Kota Langsa
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran dimasa Covid-19 menjadi tantangan baru bagi pendidik dan peserta didik. Namun belum diketahui bagaimana hasil pelaksanaan dan kendala pembelajaran daring khususnya pada mata pelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pelaksanaan dan kendala pembelajaran kimia secara daring di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Langsa. Pendekatan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian menggunakan teknik survey. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sembilan guru kimia di SMA Negeri Kota Langsa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil rata-rata tanggapan angket pelaksanaan pembelajaran kimia secara daring, guru kimia menyatakan tidak setuju artinya pelaksanaan pembelajaran kimia secara daring berjalan tidak efektif karena, pada pelaksanaannya sarana dan prasarana yang digunakan pada pembelajaran daring kurang mendukung, guru kesulitan mengelola jam pelajaran dan hasil rata-rata tanggapan angket kendala pembelajaran kimia secara daring, guru kimia menyatakan sangat setuju. Artinya, pada pembelajaran daring terdapat kendala seperti keterbatasan media digital yang digunakan, terkendala pada jaringan yang tidak stabil dan pembelajaran daring memerlukan kouta internet yang cukup besar. Hasil wawancara rata-rata jawaban responden pelaksanaan pembelajaran kimia secara daring kurang siap dan kendala yang dihadapi seperti terkendala pada jaringan, kuota internet, media digital yang digunakan dan waktu yang kurang efisien. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan hasil pelaksanaan dan kendala pembelajaran kimia secara daring pelaksanaannya kurang siap dan adanya kendala saat pelaksanann pembelajarannya. Dalam penelitian ini diharapkan pendidik, peserta didik dan juga orang tua ikut berperan aktif agar keberhasilan pembelajaran bisa tercapai dengan baik dan efektif.