Analisis Implementasi Pembelajaran STEM pada Mata Pelajaran Kimia di Kota Langsa

  • Aulia Khairunnisa Universitas Samudra
  • Maisyarafina Universitas Samudra
  • Putri Amanda Universitas Samudra
  • Hasby Universitas Samudra
  • Molani Paulina Hasibuan Universitas Samudra
Keywords: Kurikulum, Pengetahuan, STEM

Abstract

STEM adalah singkatan dari Science, Technology, Engineering and Mathematics. Metode pembelajaran berbasis STEM merupakan suatu pengetahuan dan keterampilan secara bersamaan untuk menyelesaikan suatu kasus. Pembelajaran STEM dalam pendidikan bertujuan untuk menuntut siswa memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk mengenali pertanyaan dan tantangan dalam kehidupan mereka, menjelaskan fenomena alam, merencanakan serta membuat simpulan berdasarkan bukti pada mata pelajaran STEM. Pendidikan STEM menawarkan kesempatan kepada guru untuk memperkenalkan siswa pada berbagai konsep untuk mengajarkan materi pengajaran. Salah satunya adalah pendekatan STEM, yang dapat diintegrasikan ke dalam ilmu alam (termasuk kimia). Dalam penelitian ini, menggunakan metode kuesioner dalam format tertulis dan digital dengan menggunakan Google Form. Selain kuesioner, penelitian ini memanfaatkan Teknik wawancara sebagai sarana untuk mengumpulkan informasi tentang pemahaman guru tentang STEM, kurikulum sekolah, dan ketersediaan sarana dan prasarana sekolah. Hasil keseluruhan yang diperoleh dari data faktor pendukung adalah 50%. Berdasarkan informasi kurikulum yang diberikan oleh para peneliti, 50% dicapai dalam bidang studi STEM. Dalam pendidikan STEM yang membentuk pembelajaran kimia, 13% kurikulumnya didedikasikan untuk pembelajaran STEM.

Published
2023-09-25