Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Hidrokarbon Melalui Penerapan Kombinasi Metode Student Teams Achivement Division (STAD) dan Structur Eexercise Methode (SEM)

  • sugiyo universitas samudra
  • ratih permana sari universitas samudra

Abstrak

Hasil belajar kimia siswa kelas XI MIA 1 Pada Materi Hidrokarbon (Alkana, Alkena dan
Alkuna) SMA Negeri 5 Kejuruan Muda menunjukkan nilai ketuntasan belajar dibawah nilai ketuntasan
belajar kelas yaitu sebesar 38,46%,selain itu partisipatif siswa selama pembelajaran pun masih terbilang
rendah. Penerapan metode belajar saat ini belum cukup efektif untuk mencapai ketuntasan belajar
siswa. Melalui inovasi pembelajaran menggunakan kombinasi metode Student Teams Achivement
Division (STAD) dan Structure Exercise Methode (SEM) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar
kimia siswa kelas XI MIA1 SMANegeri 5 Kejuruan Muda.Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah penggunaan kombinasi metode Student Teams Achivement Division (STAD) dan
Structure Exercise Methode (SEM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga mencapai
ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80%. Pembelajaran dengan menggunakan kombinasi metode
Student Teams Achivement Division (STAD) dan Structure Exercise Methode (SEM) mampu
meningkatkan hasil ketuntasan belajar dan keaktifansiswa kelas XI MIA1SMA Negeri 5 Kejuruan
Muda menajdi diatas nilai rata-rata ketuntasan belajar kelas.Dari hasil penelitian tersebut, kesimpulan
yang dapat diambil adalah penggunaan kombinasi metode Student Teams Achivement Division (STAD)
dan Structure Exercise Methode (SEM) dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI MIA1
SMA Negeri5 Kejuruan Muda, sehingga mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal yang
diharapkan yaitu sebesar 80%.

Diterbitkan
2022-08-09