Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Penguat Negatif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Termokimia
Abstrak
Hasil belajar kimia siswa sangat dipengaruhi dengan suasana kelas serta penerapan model
pembelajaran yang interaktif. Kurangnya hasil belajar siswa kelas XI IA.2 Pada Materi Termokimia di
SMA Negeri 2 Kejuruan Muda membuat banyak siswa sulit memahami konsep materi selanjutnya.
Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi termokimia
bagi siswa kelas XI IA.2 pada SMA Negeri 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang melalui
penerapan strategi pembelajaran Guided Discovery berbasis penguat negatif. Penelitian ini dilaksanakan
pada Bulan Agustus sampai Oktober 2021. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IA.2 yang
terdiri dari 21 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Peneliti dilakukan sebanyak dua siklus dengan
hasil analisis tes dan non tes. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui Triangulasi antara hasil data wawancara, observasi serta dokumentasi.
Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data pendukung yang diperlukan dalam proses
pembelajaran kimia. Hasil penelitian menunjukkan pada pra siklus, siswa yang mencapai ketuntasan
hanya ada 9 siswa (25,7 %) dan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 26 siswa (74,3 %)
dan pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 16 siswa (45,7%), dan siswa
yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 19 siswa (54,3 %), sedangkan pada akhir siklus II, siswa
yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 23 siswa (65,7 %), dan siswa yang belum mencapai
ketuntasan sebanyak 12 siswa (34,3 %). Nilai rata- rata kelas pada pra siklus adalah 52,3 sedangkan
nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 55,7 dan nilai rata- rata kelas pada siklus II ini adalah 66,9.