Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIKTOK pada Materi Kesetimbangan Kimia

  • Siti Azizah universitas samudra
  • Ratih Permana Sari Universitas samudra
  • Hasby Universitas samudra

Abstrak

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah berkembang pesat di abad 21 saat ini, semua aspek dalam kehidupan juga ikut berkembang, salah satunya dalam bidang pendidikan. Pembelajaran Abad 21 saat ini, membawa perubahan yang sangat pesat dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang mengakibatkan perubahan pola pembelajaran yang ditandai dengan perubahan kurikulum, media, dan teknologi. Selain itu, perubahan yang terjadi yaitu proses pembelajaran di sekolah harus mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu tuntutan pembelajaran abad 21 yaitu mengkombinasikan teknologi sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan dengan perkembangan teknologi di bidang pendidikan adalah media pembelajaran berbasis TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang interaktif dengan menggunakan aplikasi TikTok serta menguji kelayakan media pembelajaran yang valid dan efektif bagi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap development dengan menguji coba skala kecil kepada peserta didik. Subjek dalam penelitian mengembangan media pembelajaran berbasis TikTok pada materi kesetimbangan kimia adalah ahli media, ahli materi, guru kimia dan peserta didik kelas XII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket validasi ahli, angket respon guru dan soal tes. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 86,3% dengan kategori “Sangat Layak”,  ahli media memperoleh persentase sebesar 97,5% dengan kategori “Sangat Layak”, respon guru diperoleh persentase sebesar 90 % dengan masuk kategori “Sangat Menarik” dan dari hasil penilaian peserta didik hasil pretest dan posttest rata-rata sebesar 40 dan 81. Dapat dilihat bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis TikTok mengalami peningkatan. Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis TikTok pada materi kesetimbangan kimia yang dikembangkan layak digunakan pada proses pembelajaran.

Diterbitkan
2023-09-28