Menkostruk Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik Melalui PJBL Berbasis STEMC

  • Ismi Zatya Samudra University
  • Sulastri Universitas Syiah Kuala
  • Saminan Universitas Samudra

Abstrak

Membangun jiwa kewirausahaan ke dalam diri peserta didik perlu dilakukan untuk membentuk kemandirian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menkonstruk jiwa kewirausahaan peserta didik dengan menerapkan project based learning berbasis STEMC. Penelitian terdiri dari 52 orang peserta didik kelas X IPA disalah satu SMAN Kota langsa. Jiwa kewirausahaan peserta didik diukur melalui angket kemudian diuji menggunakan paired sample t-test secara statistik dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model PjBL berbasis STEMC pada materi elektrolit dan nonelektrolit dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan dilihat dari hasil taraf signifikan 0,000 dengan nilai sig <0.05 yang menunjukkan adanya perubahan secara signifikan dan hasil perhitungan N-gain skor rata-rata jiwa kewirausahaan yaitu 0,14. Proses Pembelajaran menggunakan model PjBL berbasis STEMC dapat  membentuk pengetahuan  awal dengan pengetahuan baru peserta didik dalam menciptakan produk kewirausahaan sehingga menkonstruk jiwa kewirausahaan dalam diri peserta didik

Diterbitkan
2023-09-25