Analisis Penerapan Pendidikan STEM di Beberapa Negara

  • Elsa Yuliana Universitas Samudra
  • Hanifah Putri Universitas Samudra
  • Frisca Novita Adishy Universitas Samudra
  • Hasby Universitas Samudra
  • Molani Paulina Hasibuan Universitas Samudra

Abstrak

Dalam dunia Pendidikan terdapat banyak sekali pendekatan-pendekatan yang dapat meningkatkan keterampilan dan keaktifan siswa. Salah satu pendekatan yang sering digunakan yaitu pendekatan STEM. STEM merupakan suatu pendekatan dengan mengembangkan 4 disiplin ilmu sekaligus yaitu, Sains (Science), Teknologi (Technology), Teknik (Engineering), dan Matematika (Matchematics). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan STEM di berbagai negara, baik negara maju maupun negara berkembang seperti negara Indonesia, Singapura, Australia dan Amerika Serikat.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber pustaka yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah melalui jurnal internasional dan nasional yang diperoleh dari platform seperti Google Scholar, melalui tahapan pencarian literatur, seleksi studi dan penilaian kualitas. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan penerapan pendidikan STEM di negara Indonesia, Singapura, Australia dan Amerika Serikat mampu meningkatkan kualitas guru, siswa dan kualitas pendidikan di masing-masing negara tersebut.

Diterbitkan
2023-09-24