Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Lele di Desa Tanjung Seumantoh Karang Baru Aceh Tamiang
Abstract
Budidaya ikan lele dengan konsep ramah lingkungan, berkelanjutan, dan inovatif, diharapkan lahir seseorang yang konsern terhadap pemecahan permasalahan sosial dari lingkungan sekitar yang bisa membantu dalam pemberian dampak ekonomi di masyarakat yang bergerak dibidang bisnis pengelolaan sumber daya alam. Salah satunya yaitu memberikan pelatihan budidaya ikan lele di Desa Tanjung Seumantoh Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, mulai dari cara pembenihan sampai dengan pembesaran bahkan pendampingan untuk pemasaran sampai penguatan manajemen. Tujuan penelitian untuk mengetahui pola saluran pemasaran, biaya pemasaran, margin pemasaran, share margin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pada pemasaran ikan lele di Desa Tanjung Seumantoh Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan metode survei. Penentuan sampel menggunakan metode sensus (sampel jenuh) sebanyak 15 peternak ikan lele. Metode analisis data menggunakan metode analisis pemsaran, analisis pendapatan dan analisis R/C Rasio. Hasil penelitian pemasaran ikan lele di Desa Tanjung Seumantoh hanya menggunakan 1 saluran pemasaran yaitu; Peternak menjual ikan lele ke pedagang desa (pengecer) dan pedagang desa (pengecer) menjual ikan lele ke konsumen. Rata-rata biaya pemasaran ikan lele di Desa Tanjung Seumantoh yaitu sebesar Rp.693,33/Kg, rata-rata margin pemasaran ikan lele sebesar Rp.5.067/Kg dan rata-rata farmer’s share pada pemasaran ikan lele sebesar 77,52%. Pemasaran ikan lele di Desa Tanjung Seumantoh menghasilkan nilai EP sebesar 3,05% dan disimpulkan pemasaran ikan lele dikatakan efisien.
References
Agus Putra AS, 2009. Pembenihan dan Pembesaran Ikan Lele, Yayasan PeNA, Banda Aceh.
CahyoSaparinto, 2012. Panduan Lengkap Bisnis dan Budi Daya Lele Unggul, Lily Publisher, Yogyakarta.
Cahyo Saparinto & Rini Susiana, 2013. Sukses Pembenihan 6 Jenis Ikan Air Tawar Ekonomis, Lily Publisher, Yogyakarta.
Dani dkk, 2012. Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Ikan Lele Di Desa Rasau Jaya 1 Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya .Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, Volume 1, Nomor 3, Desember 2012, hlm 29-36
Daniel, M., 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara. Jakarta
Gitosudarmo, I. 2001. Manajemen Pemasaran. BPFE. Yokyakarta
Hanafiah dan Saefuddin A, M,. 2000. Tata Niaga Hasil Pertanian. UI Press. Jakarta
Limbong dan Sitorus, 2005. Pengantar Tataniaga Pertanian. FP IPB. Bogor
Mangdeska, 2009. Analisis Pendapatan Usahatani dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Penebar Swadaya. Jakarta
Mubyarto. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3S. Jakarta
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta
Rahim A dan Hastuti R. 2007. Pengantar Teori dan Kasus Ekonomi Pertanian. Penebar Swadaya. Jakarta
Riesti Triyanti dan Nensyana Shafitri, 2012. Kajian Pemasaran Ikan Lele (Clarias Sp) Dalam Mendukung Industri Perikanan Budidaya (Studi Kasus di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah). J. Sosek KP Vol. 7 No. 2 Tahun 2012
Sekaran U, 2006. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta
Soekartawi., 2002. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Sudjana, Nana. 2005. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. FMIPA. Bandung
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis dan Aplikasi. Alfabeta. Bandung
Sulvadewi, 2000. Manajemen Pemasaran: Kasus dan Solusi. Kanisius. Jakarta
Winandi R. Asmarantika. 2009. Pemasaran Produk-Produk Pertanian. Bunga Rampai Agribisnis Seri Pemasaran. Dept Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB. Bogor
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Agrisamudra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.