Perancangan Kursi Komputer Yang Ergonomis Dengan Metode Anthropometri Pada Warnet Kuala Simpang
Abstract
Dengan pesatnya perkembangan teknologi internet dan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang fleksibel, cepat serta dapat diakses dimanapun, namun tidak semua kalangan dapat membeli komputer, laptop, Hand Phone dan teknologi lain yang berhubungan dengan internet ditambah dengan jaringan yang lambat, tidak stabil, sehingga masyarakat memilih alternatif lain.Prosedur penelitian diawali dengan membagikan kuisioner keluhan dan keinginan kepada 60 Warnet yang dibagikan secara acak, membagikan kuesioner Nordic Body Map, melakukan identifikasi kursi aktual yang digunakan saat ini untuk mengetahui kekurangan kursi warnet, dan pengumpulan data anthropometri. Setelah itu, tahapan berikutnya mengenai pengolahan data anthropometri, Tahap Klasifikasi (Clarifying Objectives), Tahap Penentuan Fungsi (Estabilishing Functions), Tahap penyesuaian kebutuhan (Setting Requirements), Tahap perencanaan sesuai tujuan (design to purpose) dan tindakan, pembuatan prototype, analisa statistik, membuat gambar rancangan dan analisis biaya. Berdasarkan data kuisioner yang diperoleh didapat bahwa 42% pengguna warnet merasa kurang nyaman, menyatakan 52% merasa sandaran kurang nyaman, 37% menginginkan sandaran tangan, 45% pengguna memerlukan sandaran kepala.
All copyright for all articles belongs to the authors.