Penerapan Strategi Question Student Have Berbantuan Media Kartu untuk Meningkatkan Minat Belajar Kimia Siswa

  • Eni Sumarsih Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Samudra
  • Jofrishal Jofrishal Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Samudra
  • Nurhafidhah Nurhafidhah Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Samudra
Keywords: Question Student Have, Media Kartu, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar setelah diterapkannya strategi question student have berbantuan media kartu. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 110 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga didapatkan kelas XI IPA 3. Data dianalisis menggunakan Uji t Paired T-Test. Berdasarkan dari data yang dikumpulkan oleh peneliti diperoleh bahwa terdapat peningkatan minat belajar kimia siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) setelah menggunakan penerapan strategi question student have berbantuan media kartu. Hal ini ditandai dengan menggunakan uji statistik parametrik yaitu thitung ≥ ttabel  (8,50 ≥ 1,67) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar kimia siswa pada penerapan strategi question student have berbantuan media kartu secara signifikan. Harapan peneliti untuk peneliti selanjutnya bisa mengembangkan penelitian ini menjadi lebih baik dan juga mereka bisa mendukung hasil penelitian ini.

Author Biographies

Eni Sumarsih, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Samudra

Program Studi Pendidikan Kimia

Jofrishal Jofrishal, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Samudra

Program Studi Pendidikan Kimia

Nurhafidhah Nurhafidhah, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Samudra

Program Studi Pendidikan Kimia

Published
2019-01-21