Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik

  • Juniwati Juniwati SPS PENDIDIKAN IPA UNSYIAH
  • Ratih Permana Sari Universitas Samudra
Keywords: CTL, Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CTL terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi asam basa SMP Negeri 1 Kota Langsa. Penelitian menggunakan metode penelitian quasi experimental, bentuk non equivalent control group design, pengumpulan data melaluisoal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik didapat thitung > ttabel yaitu 2,80 >1,70. Hasil N-Gain kategori tinggi mencapai 95% untuk kelas eksperimen dan 25% untuk kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model CTL dalam pembelajaran IPA materi asam basa terhadap berpikir kritis peserta didik.

Published
2019-11-18