Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga pada Materi Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 4 Langsa

  • Hasby Hasby Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Samudra
  • Nurhafidhah Nurhafidhah Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Samudra
Keywords: Media Ular Tangga, Hasil Belajar, Materi Hidrokarbon

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 4 Langsa pada materi hidrokarbon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Sampel yang diambil adalah siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, yakni soal pretest dan soal posttest. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji T berpasangan dan N-Gain. Dari hasil uji T berpasangan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media ular tangga terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMAN 4 Langsa. Berdasarkan hasil yang diperoleh thitung > ttabel yakni 8,367> 1,76 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Pada analisis N-Gain diperoleh rerata peningkatan hasil belajar adalah 0,6 yakni termasuk kategori sedang.

Author Biography

Hasby Hasby, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Samudra

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 4 Langsa pada materi hidrokarbon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Sampel yang diambil adalah siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, yakni soal pretest dan soal posttest. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji T berpasangan dan N-Gain. Dari hasil uji T berpasangan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media ular tangga terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMAN 4 Langsa. Berdasarkan hasil yang diperoleh thitung > ttabel yakni 8,367> 1,76 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Pada analisis N-Gain diperoleh rerata peningkatan hasil belajar adalah 0,6 yakni termasuk kategori sedang.

Published
2020-03-05