Penerapan Permainan Lego Kimia Sebagai Media Pembelajaran Sub Materi Konfigurasi Elektron pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Madat Kabupaten Aceh Timur

  • Mutiawati SMA Negeri 2 Madat
Keywords: Lego Kimia, Media Pembelajaran, Konfigurasi Elektron

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian di kelas, berdasarkan latar belakang hasil belajar siswa di SMAN.2 Madatmasih rendah, karena kurangnya minat siswa untuk belajar kimia khususnya pada pokok bahasan Konfigurasi Elektron.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar kimia pada pokok bahasan Konfigurasi Elektron dapat ditingkatkan dengan menggunakan Pengembangan Permainan Lego pada siswa kelas X. MIA SMA Negeri 2 Madat. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Kimia khususnya pada pokok bahasan KonfigurasiElektron.dengan penggunaan Pengembangan Permainan Lego.Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan Pengembangan Permainan Lego untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Konfigurasi Elektrondi Kelas X Mia SMAN.2 Madat Kecamatan Madat Kabupaten Aceh Timur membuat siswa lebih aktif dan meningkatkan prestasi siswa. Pengambilan data dengan menggunakan post tes, ulangan harian tiap siklus dan dokumentasi. Penulis memberikan angka untuk setiap siklus, yaitu sebelum tindakan 59,00%, Siklus I 67,50%, Siklus II 81,50%. Berdasarkan hasil penelitian ini dari analisis tindakan diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan Pengembangan Permainan Lego meningkatkan hasil belajar kimia di kelas X Mia SMAN.2 Madat Kecamatan Madat Kabupaten Aceh Timur dapat meningkatkan hasil belajar dengan baik.

Published
2021-01-09