Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Materi Perkembangan Model Atom Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning (DL)

  • Murhamatillah SMA NEGERI 1 PIDIE JAYA
Keywords: Aktivitas Siswa, Discovery Learning (DL), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana model pembelajaran Discovery Learning (DL)”.dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.IPA-2 semester 1 tahun Tahun 2020 yang berjumlah 25 siswa, terdiri dari 13 siswa putra dan 12 siswa putri. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, dan data tentang refleksi siswa terhadap pembelajaran yang diambil dari angket pada setiap akhir pertemuan. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah: (1) apabila≥ 70% dari jumlah siswa berkategori tuntas dengan criteria tuntas belajaran apabila nilai hasil evaluasi pada siklus I,II, ≥ 65, (2) apabila aktivitas siswa dalam pembelajaran≥ 70% yang diukur dengan melihat lembar observasi siswa. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 58,75 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 60,71%. Aktivitas siswa 63,64%, persentase kemampuan guru 73,44 %. Sedangkan hasil penelitian pada siklusII rata-rata hasil belajar siswa sebesar 66,25 dan persentase  ketuntasan belajar sebesar71,43%. Aktivitassiswa 75,00%, dan persentase kemampuan guru sebesar 84,37%. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (DL) dapat meningkatkan hasil belajar kimia dan aktivitas siswa kelas X IPA-2 semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 pada materi perkembangan model atom.

Published
2021-01-09