Praktikum Kimia SMA Kelas XI pada Materi Asam Basa Sesuai Model Discovery dan Project Based Learning
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan penuntun praktikum asam basa sesuai discovery
learning dan project based learning . Pengembangan penuntun praktikum berdasarkan Langkah-langkah
discovery learning dan project based learning. Penuntun praktikum disusun oleh penulis dan divalidasi
oleh dosen. Penuntun praktikum kemudian diuji cobakan ke SMA Muhammadiyah 8 Kisaran sebagai
lokasi penelitian. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2019. Penelitian
menggunakan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajar menggunakan penuntun
praktikum sesuai discovery learning dan kelas eksperimen II yang diajar menggunakan penuntun
praktikum sesuai project based learning. Angket yang diberikan kepada dosen dan guru menunjukkan
hasil nilai rata-rata penuntun project based learning lebih tinggi dibandingkan dengan discovery
learning. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan penuntun
discovery learning lebih tinggi dibandingkan project based learning yaitu masing-masing sebesar
79,48% dan 60,33%. Hal ini terjadi disebabkan peserta didik belum terbiasa menyusun sendiri
rancangan praktikum sebagaimana yang harus dilakukan pada kelas yang menerapkan project based
learning