Penerapan Penilaian Tutor Sebaya pada Pembelajaran Kimia Terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 2 Kejuruan Muda

  • Israyati SMA Negeri 2 Kejuruan Muda Aceh Tamiang
  • Ratih Permana Sari Universitas Samudra
Keywords: Kemandirian Belajar, Kimia, Tutor Sebaya.

Abstract

Kompetensi profesional merupakan kemampuan guru dalam menguasai materi pengetahuan sesuai mata pelajaran yang diampunya, diharapkan dapat diimplementasikan oleh guru tersebut sewaktu ia berada di dalam kelas. Tujuan penelitian adalah mengetahui peningkatan kemandirian Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 2 Kejuruan Muda pada Pembelajaran Kimia Melalui Penerapan Tutor Sebaya. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kimia dan siswa kelas XI yang menerima materi laju reaksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument  observasi RPS sesuai KKNI dan instrument penilaian tutor sebaya. Dari hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa kemandirian belajar dapat dioptimalkan bagi peserta didik melalui penerapan tutor sebaya. Selain itu metode pembelajaran yang efektif dapat dilakukan bagi peserta didik melalui penerapan metode pembelajaran tutor sebaya. Tutor sebaya ini dapat terus dilakukan untuk pertemuan pembelajaran selanjutnya, meski materi pelajaran berbeda. Penilaian tutor sebaya sangat membantu untuk terlaksananya pembelajaran yang efektif dan efisien karena peran guru menjadi berkurang, karena guru tidak lagi menjadi satu-satunya yang harus didengar.

Published
2023-09-24