Jurnal History

Jurnal Hukum Samudra Keadilan merupakan jurnal ilmiah bidang Hukum yang diterbitkan oleh Fakultas Hukum Universitas Samudra. Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah swt, segenap usaha dari komponen personalia redaksi Jurnal Hukum Samudra Keadilan telah membuahkan hasil dengan ditandai Jurnal Hukum Samudra Keadilan telah terakreditasi DIKTI dengan peringkat SINTA 5 dan ditetapkan dengan Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI No. 10/E/KPT/2019 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode II Tahun 2019.

Jurnal Hukum Samudra Keadilan secara perdana terbit pada tahun 2005, dengan nama Samudra Keadilan : Majalah Hukum. Pada tahun 2007, untuk pertama kalinya Samudra Keadilan : Majalah Hukum mengajukan ISSN ke LIPI dengan nomor seri yang diterima yaitu 1978-6395. Perubahan nama Samudra Keadilan : Majalah Hukum menjadi Jurnal Hukum Samudra Keadilan terjadi pada tahun 2014, setahun pasca penegerian Universitas Samudra menjadi Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB), dan kepengurusan personalia redaksi jurnal ditetapkan dengan Keputusan Dekan Fakultas Hukum Tahun 2014. Berdasarkan kebijakan pimpinan universitas yang mengakomodir setiap jurnal di lingkungan Universitas Samudra berbasis open jurnal system, termasuk Jurnal Hukum Samudra Keadilan dilingkungan Fakultas Hukum.

Guna mengefektifkan Jurnal Hukum Samudra Keadilan berbasis jurnal online, maka pihak personalia redaksi mengajukan permohonan E-ISSN untuk pertama kali pada tanggal 17 Januari 2018. Namun, permohonan tersebut ditolak oleh LIPI dengan alasan bahwa nama jurnal yang diajukan adalah Jurnal Hukum Samudra Keadilan, namun pada database ISSN LIPI nama yang digunakan adalah  Samudra Keadilan : Majalah Hukum. Redaksi mengantisipasi hal tersebut dengan mengajukan permohonan ulang kepada LIPI untuk ISSN cetak atas nama Jurnal Hukum Samudra Keadilan dan LIPI menyetujui proses usulan tersebut sehingga terbitlah ISSN cetak dengan nomor seri : 2615-3416 berdasarkan SK no. 0005.26153416/JI.3.1./SK.ISSN/2018, pada tanggal 20 Februari 2018. Berdasarkan keputusan tersebut, LIPI mengakui terbitan jurnal sebelumnya dan ISSN cetak ini mulai ditetapkan pada edisi Volume 13, Nomor 2 Tahun 2018. Setelah selesai kepengurusan ISSN cetak, redaksi kembali mengusulkan ISSN Online yang diajukan pada tanggal 17 Januari 2018, dan pada akhirnya LIPI menetapkan nomor seri ISSN Online yaitu 2615-7845 yang ditetapkan berdasarkan SK No. 0005.26157845/JI.3.1./SK.ISSN/2018, dan dimulai dengan Volume 13 Nomor 2 Tahun 2018. Merujuk pada kedua keputusan yang ditetapkan oleh LIPI prihal terbitan jurnal maka dengan ini redaksi berkesimpulan untuk melanjutkan skala terbitan yang telah ditetapkan tersebut.

Pada akhirnya, Jurnal Hukum Samudra Keadilan telah memiliki dua nomor seri ISSN untuk media cetak dan media online. Dan, Jurnal Hukum Samudra Keadilan telah terindeks pada lembaga indeksasi jurnal yang terpercaya seperti google scholar, portal garuda dikti, OneSearch Indonesia, BASE Jurnal, Index Copernicus, Cite Factor dan lainnya.